Home » Cutting Tools » Tips Bagaimana Memilih Saw Blade yang Benar

Bagaimana Memilih Saw Blade yang BenarBagaimana Memilih Saw Blade yang Benar

Ini adalah pertanyaan yang tampaknya datang dengan siapa pun yang bukan yang paling canggih dari pengguna. Dalam karbida pisau gergaji, ada begitu banyak pilihan, begitu banyak desain dan konfigurasi itu luar biasa bagi sebagian orang, terutama mereka yang tidak pernah tahu ada setiap pilihan.

Ukuran (atau Diameter)

Yang satu ini mungkin tampak cukup jelas tapi sekali-sekali aku berjalan di seseorang yang ingin menggunakan pisau yang ukuran yang berbeda dari melihat mereka (kadang-kadang untuk menghemat uang, percaya atau tidak). Dalam kebanyakan kasus, saya menyarankan agar hal itu. Pertama-tama, ada masalah izin: pisau besar tidak akan mungkin menghapus penjaga pisau pada mitra atau lengan radial atau pelat tenggorokan pada gergaji meja. Sebuah pisau kecil tidak akan memberikan kedalaman potong.

Lalu ada apa tidak begitu jelas terlihat: desain dan geometri pisau. Gergaji kecil yang dijalankan di RPM tinggi, semakin besar melihat, semakin rendah RPM. Pisau ini dirancang untuk bekerja di konser dengan gergaji untuk memberikan kinerja yang optimal. Cukup berkata tentang itu.

Pengecualian? Ya, terutama dado a. Kebanyakan pengrajin akan menggunakan 8 “dado pada 10” gergaji meja dan pada kenyataannya, itulah satu-satunya ukuran yang paling produsen membuat – dengan lubang 5/8 “punjung. Untuk pasar industri, beberapa perusahaan seperti sistimatik sampling membuat seleksi dengan ukuran lebih besar dan 1 “membosankan, tetapi Anda akan membutuhkan cukup kuat, melihat berat untuk menggunakannya. A 10 “dado sistimatik sampling beratnya lebih dari 10 pound dan memotong banyak bahan.

Pengecualian lain mungkin digunakan sangat khusus, dengan sangat berpengetahuan profesional, seperti yang saya mendengar tentang belum lama di mana mereka menggunakan 8 “pisau non-ferrous pada 10” atau meja 12 “melihat untuk memotong plat aluminium. Ini adalah pisau yang dirancang untuk memotong ekstrusi, tidak solid aluminium, tetapi orang-orang memahami geometri dan menggunakannya untuk keuntungan mereka.

Material tujuan atau

Yang satu ini bisa menjadi masalah jika Anda mencoba untuk membeli pisau di Home Depot, Lowe atau ACE mana semua mereka menjual adalah pisau untuk memotong kayu di tangan-diadakan gergaji (Skil, dll), gergaji meja dan gergaji mitra. Tapi jika Anda berbelanja online atau di toko gergaji atau toko alat yang baik, Anda dapat menemukan pisau khusus yang terdaftar oleh tujuan dan materi atau meminta seseorang yang tahu apa yang Anda bicarakan. Dan percayalah, penting untuk membeli pisau yang dirancang untuk apa yang Anda ingin memotong.

Harga rip pisau 24 gigi mungkin terlihat menarik tetapi jika Anda mencoba untuk potong dengan itu Anda tidak akan bahagia. Sebaliknya, cobalah untuk merobek kayu solid dengan pisau trim dan Anda akan membakar lebih banyak kayu dari yang Anda memotong. Gunakan baik pisau untuk memotong laminate flooring dan Anda akan menyesal ketika chip lapisan atas dan pisau mendapat kusam setelah tiga luka. Laminate flooring, seperti Pergo, sangat keras dan memiliki aluminium oksida di dalamnya – menggunakan pisau aluminium-pemotongan.

Produsen melihat pisau yang membuat pisau untuk profesional membuat beberapa pisau yang berbeda, dengan konfigurasi yang berbeda, untuk kegunaan yang berbeda dan mereka mengidentifikasi mereka sesuai. Tidak perlu bagi saya untuk daftar di sini, hanya dengan tongkat rekomendasi mereka dan Anda seharusnya tidak memiliki masalah.

Jenis Saw

Berbagai jenis gergaji listrik bekerja terbaik dengan pisau dibuat untuk mereka, dan dapat bekerja mengerikan (jika sama sekali) dengan pisau yang salah. Menggunakan contoh pisau rip lagi: meletakkan pisau rip pada lengan gergaji radial dan bahkan jika Anda memutar kereta untuk merobek, itu akan ingin mengangkat kayu up dari meja. Cobalah untuk potong dengan apa pun samar-samar menyerupai pisau rip (agresif menyapu / sudut kait) pada itu melihat sama dan seluruh kereta akan mencoba untuk “lari” langsung pada Anda. Dan gigi akan menggali dan mengikat melihat Anda, tersandung breaker. Telah ada dan melakukan itu sebelumnya aku tahu ada hal seperti itu sebagai lengan pisau radial.

Ada beberapa jenis pisau, seperti pisau pemotong logam, yang dapat digunakan dan direkomendasikan untuk semua jenis gergaji: meja melihat, mitra melihat dan lengan radial. Juga beberapa pisau kombinasi moderat-rake / kait. Tapi aturan praktis yang baik adalah untuk hanya menempel apa produsen merekomendasikan. Membeli meja gergaji meja melihat, pisau mitra untuk gergaji mitra dan lengan pisau radial untuk lengan radial. Ketika Anda berpikir tentang hal itu, Anda tidak akan memotong lembaran kayu lapis pada mitra atau lengan radial dan Anda mungkin tidak akan mitering cetakan pada gergaji meja.

Hitungan gigi

Kebanyakan orang memahami satu ini, untuk sebagian besar. Secara umum, Anda ingin jumlah yang lebih tinggi gigi untuk bersih, pemotongan selesai, tidak peduli apa materi. Anda ingin sedikit gigi untuk bahan lebih tebal. Pikirkan mahkota molding versus 2 oleh 4. Tapi jika Anda hobi atau pemilik rumah melakukan pekerjaan yang aneh (seperti Anda benar-benar) Anda akan ingin pisau kompromi, sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk cukup memotong 2 oleh 4 atau trim. Pada gergaji mitra atau lengan radial, 60 adalah angka yang baik: 40 akan merobek pada pekerjaan trim dan 80 harus berjuang melalui 2 oleh 4. Pada gergaji meja, itu sedikit lebih pemaaf: 40 sampai 50 adalah apa yang Anda akan anda temukan di pisau kombinasi yang baik, seperti Forrest Tukang Kayu yang terkenal, Tenryu Medali Emas atau GP sistimatik sampling atau Budke Kombinasi. Hampir semua produsen membuat tabel kombinasi gergaji dengan jumlah gigi di kisaran ini begitu jelas kerjanya.

By the way, seperti biasa ada pengecualian untuk aturan ini, terutama ketika datang untuk memotong plastik. Dan itu tergantung pada jenis plastik, apakah itu keras dan rapuh, lembut dan dengan titik leleh rendah atau di antara. Terlalu banyak gigi akan menyebabkan leleh, yang akan memuat atau gusi sampai gigi, sehingga memberikan Anda dipotong sangat miskin. Tidak cukup gigi, terutama dalam plastik keras, akan chip seperti gila.

Gigi Desain dan Konfigurasi

Ini adalah salah satu topik yang dapat paling membingungkan dan satu di mana Anda mungkin, dalam beberapa kasus, menemukan teori-teori yang saling bertentangan dan / atau klaim dari produsen yang berbeda. Bukan untuk mengatakan satu benar dan yang lain salah, kadang-kadang dua desain yang sama sekali berbeda akan bekerja sama dengan baik untuk pekerjaan. Sebagai contoh: sistimatik sampling menggunakan chip triple untuk plastik dan Tenryu menggunakan alternating atas / bergantian wajah. Tapi saya kira saya harus menyederhanakan ini sebelum membingungkan Anda lebih.

Jika Anda lebih suka melihat bagian ini dalam format yang lebih visual, klik di sini: Tooth Geometri

Bolak Top Bevel – ATB Ini adalah jauh konfigurasi gigi karbida paling umum, digunakan untuk memotong kayu solid, kayu lapis dan papan partikel. Selanjutnya, ada beberapa variasi pada desain yang mengubahnya menjadi spesialis:

ATB w / Raker – ATBR Umumnya disebut “planet” blade atau “kombinasi planet” ini menggabungkan biasanya empat gigi ATB dengan satu flat-top raker gigi untuk membersihkan luka. Itu membuat pisau multi-tujuan sebenarnya untuk melihat meja Anda, apakah pemotongan kayu lapis, crosscutting atau merobek. Sebuah variasi lanjut yang satu ini adalah plywood pisau khusus yang menggunakan lebih (seperti 10) ATB gigi untuk setiap raker.

Bolak Top Alternating Wajah – Ataf crosscuts Sangat, sangat halus, dengan tepi luar wajah gigi perencanaan bahan sebagai pemotongan pisau melalui. Juga baik untuk melamin dan kayu lapis veneer. Dan seperti yang disebutkan, Tenryu menggunakan ini untuk pisau plastik mereka, juga. Menempatkan satu di gergaji mitra dan mendapatkan potongan besar kayu dan plastik, keduanya. Sebuah variasi yang satu ini adalah dengan menambahkan raker setiap beberapa gigi untuk membersihkan luka. Itu akan disebut ATAFR, tentu saja.

Tinggi atau Curam Alternating Top Bevel – HATB bentuk gigi ini, dikombinasikan dengan hook negatif atau netral atau sudut rake, digunakan ketika Anda perlu pisau-seperti tepi nyata untuk memotong melalui Melamine atau veneers halus. Juga kadang-kadang digunakan dengan hook positif untuk menghilangkan air mata-out ketika crosscutting trim. Kelemahan untuk jenis gigi adalah bahwa kualitas potong Anda tergantung pada gigi yang sangat tajam dan lebih menunjuk mereka, semakin cepat mereka membosankan.

Tiga Chip Grind – TCG Ini adalah bentuk gigi serbaguna tetapi tujuan utama adalah untuk memotong bahan keras, seperti aluminium, laminate flooring, kayu keras dan “permukaan padat” seperti Corian. Menggabungkan datar gigi raker atas dengan apa yang tampak seperti gigi atas datar dengan sudut tanah off pada sudut. Tanpa menggunakan poin tajam seperti ATB atau Ataf pisau, pisau TCG akan bertahan lebih lama dan menangani dampak tinggi pemotongan saham keras. Produsen menggabungkan bentuk ini dengan sudut kait / menyapu berbeda untuk mengkhususkan pisau, dari sudut kait negatif pada pisau non-ferrous untuk kait yang sangat agresif pada pisau rip. Kelemahan: mungkin cenderung untuk merobek ketika crosscutting kayu lembut seperti pinus atau hemlock.

Flat Top Grind – FTG datar gigi menggiling atas, ketika digunakan sendiri, hanya memiliki satu tujuan: memotong kayu dengan gandum. Ripping. Dan mereka telah kehilangan popularitas digunakan itu juga, karena lebih banyak produsen menggunakan TCG dan ATB gigi untuk memberikan potongan rip cukup halus mereka tidak perlu dijalankan melalui jointer untuk lem up sendi. Tapi Anda telah melihat bagaimana desain lainnya memasukkan gigi atas datar ke dalam melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

Lainnya – Beberapa produsen menggunakan beberapa bentuk gigi yang sangat khusus untuk yang lebih khusus, pisau eksotis mereka tetapi kami tidak akan perlu pergi ke orang-orang di sini. Mereka jauh dari dasar dan siapa saja yang membutuhkan salah satu dari mereka mungkin tahu lebih banyak tentang hal itu daripada siapa pun.

Rake atau kail Angles

Ketika mempertimbangkan pisau untuk jenis tertentu dari melihat, ini kadang-kadang pertimbangan yang paling penting. Dan ketika dikombinasikan dengan bentuk gigi dan konfigurasi, faktor sudut rake dapat mengubah seluruh tujuan pisau itu.

Mana gergaji yang bersangkutan, Anda tidak ingin menggunakan hook positif pada lengan radial (beberapa produsen menilai pisau kombinasi mereka untuk mereka tapi mereka tidak kait agresif) dan gergaji mitra terbaik dengan negatif, netral atau cukup positif kait – tergantung pada apa yang Anda memotong.

Dimana materi yang bersangkutan, bahan umumnya lebih keras memerlukan hook negatif atau tidak ada (netral) sudut kait. Dan jika kayu rentan terhadap merobek ketika crosscutting, seperti kayu konifer lebih lembut, hook negatif lebih baik.

Jadi apa yang menyapu atau kail sudut? Berbaring tepi lurus mata gergaji, memotong lubang arbor dan melihat hubungan ujung karbida ke tepi lurus. Jika bagian atas ujung membungkuk ke arah tepi, itulah hook positif atau menyapu. Jika bersandar jauh dari itu, itu negatif. Jika itu sejajar dengan itu yang netral atau hook nol.

Saya harap ini membantu memperjelas pilihan mata gergaji untuk Anda!

Tips Bagaimana Memilih Saw Blade yang Benar

12 October , 2015 , Kategori : Cutting Tools
Tips Bagaimana Memilih Saw Blade yang Benar

Bagaimana Memilih Saw Blade yang Benar Ini adalah pertanyaan yang tampaknya datang dengan siapa pun yang bukan yang paling canggih dari pengguna. Dalam karbida pisau gergaji, ada begitu banyak pilihan, begitu banyak desain dan konfigurasi itu luar biasa bagi... baca selengkapnya

Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
  • Belum ada testimoni
* klik gambar produk

Hotline : +62 21 62-200-544 SMS Center : +62 812-9430-833 BB Messenger : 5A64CD35 robby@mitrabersama.com